Flashdisk Tidak Terbaca!

Sekedar berbagi pengalaman saja, kejadian ini bermula ketika saya mendapat kabar kalau Laptop milik tetangga saya rusak dan saya berinisiatif untuk membantu. Yaah selain emang saya ini suka membantu, hitung-hitung cari pengalaman juga hahah. Usut punya usut, ternyata penyakit Laptopnya ini karena gagal upgrade Windows. Ya, saya belum Tanya detail, tapi kemungkinan besar Laptop ini diinstall Windows 8 dan hendak upgrade ke Windows 10, namun entah kenapa putus ditengah jalan sehingga Laptopnya bootloop!. Untuk mengatasinya, saya putuskan untuk lakukan clean install Windows melalui Media Creation Kit di Flashdisk.

Anyway, setelah melalui proses yang cukup panjang, saya melakukan kesalahan yang nyebelin: salah format partisi. Alih-alih partisi Harddisk yang saya format, ini malah Flashdisknya. Karena “File OS” untuk Media Creation Kit tadi sudah dihapus, jadi ya terpaksa harus download lagi. Ehhh tapi pas nyolokin Flashdisk ke PC ternyata bukan cuma file yang hilang, tapi juga “kapasitas” nya. Yup, kapasitas Flashdisk saya jadi 0 Bytes!.

Jadi ngga ada kapasitasnya tuh Flashdisk, udah gitu nggak bisa di Format. Kalau di klik, akan muncul info dari Windows kalau kita harus nyolokin perangkat yang bener atau semacam “Please Insert The Disk…” blah blah. Buset. Pikiran saya mulai menerawang jauh, apakah salah format sampai membuat micro components pada Flashdisk tersebut short atau semacamnya? mulai paranoid, kebiasaan. Tapi sebagai orang IT nggak boleh cepat putus asa dan terlalu cepat menarik kesimpulan. Dan setelah melakukan tiga langkah sederhana, kapasitas Flashdisk saya kembali ke semula! Simak.

Langkah pertama, kita harus bersikap cool dalam segala situasi. Cool didalam kamus saya memiliki arti: reaksi dari kesabaran, kepasrahan, dan ketidak putus asaan yang menjadi satu. Oke abaikan langkah pertama ini.

Too Cool

Langkah kedua, coba kalian tengok fitur Disk Management pada Windows. Ternyata, yang bikin Flashdisk tidak kebaca adalah partisi yang telah hilang. Jujur, saya nggak menyangka kalau gara-gara format (clear) Flashdisk melalui Command Prompt saat Instalasi akan menghapus partisinya juga. Kalau partisi hilang, obviously nggak bisa diapa-apain itu. Oleh karenanya, kita harus membuat partisi baru pada “Unallocated Volume” tersebut agar kapasitas Flashdisk kembali ke semula.

Langkah ketiga, bersyukurlah karena Flashdisk kalian nggak jadi rusak. Karena dengan penuh syukur nikmat kita akan ditambah. Nikmat pertama kalian akan ngerasa keren karena sudah berhasil mengatasi Flashdisk yang error ngga jelas gitu, nikmat kedua ya kalian nggak perlu repot-repot ngeluarin uang dan tenaga untuk beli Flashdisk baru hahahah.

Simple memang, dan saya rasa cara ini patut dicoba bukan hanya dalam kasus salah format saja, siapa tau Flashdisk kalian ada yang kena virus lalu tiba-tiba ngga bisa dibuka? atau karena diisengin sama orang? alangkah baiknya untuk menggunakan common sense, menelusuri hukum sebab-akibat dan mengurutkan permasalahan dari sumbernya.

Sekian sudah sharing yang sangat ngga penting begini. Mohon maaf apabila struktur katanya hancurrrrrr. Daripada bosan menunggu download (ulang) yang tak kunjung selesai, lebih baik saya menulis.

Peace!

 

 

 

One thought on “Flashdisk Tidak Terbaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *